Tak bisa dipungkiri lagi kualitas pekerjaan ditentukan oleh kondisi tempat kerja itu sendiri. Baik itu rekan kerja hingga interior ruangannya.

Saat ini bekerja tak melulu mempersoalkan aktivitas tapi juga soal kenyamanan. Menata meja kantor yang tepat adalah hal terpenting disini. Dengan adanya penataan yang baik maka kenyamanan pun bisa didapat dan produktivitas para karyawan pun dapat meningkat.

Nah, untuk anda yang kebingungan soal penataan meja kerja yang baik. Mejakursikantor.co.id kali ini akan memberikan cara-cara yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Tanpa berlama-lama, iniliah dia tips menata meja untuk kantor dengan tepat.

1. Jaga Kerapian Meja Kantor

Jaga Kerapian Meja Kantor

Meja yang berantakan dapat membuat pemiliknya menjadi stres dan terkesan pekerjaannya berantakan. Oleh karena itu buatlah meja serapih mungkin. Pisahkan antara dokumen baru dan yang lama. Kalau bisa siapkan tempat khusus, seperti box tingkat, disitu anda bisa meletakkan semua perangkat kerja. Dengan begini anda dapat melihat kerapian meja kantor dan memberi perasaan positif serta kenyamanan.

2. Singkirkan Benda Yang Tidak Lagi Dipakai

Singkirkan Benda Yang Tidak Lagi Dipakai

Meja adalah tempat bekerja untuk anda. Agar kenyamanan datang ke diri anda, maka singkirkan benda-benda yang tak lagi dipakai. Sebelum menyingkirkannya, sebaiknya check lebih dulu benda tersebut. Masih diperlukan atau tidak.

3. Mengubah Posisi Meja

Mengubah Posisi Meja

Jika memang merasa posisi meja tidak cocok untuk anda. Maka ubahlah letak meja anda, cari angle yang pass untuk mendapati posisi yang potensial. Hal ini tidak boleh sembarang, sebaiknya konslutasikan lebih dulu kepada kolega dan atasan anda sebelum memindahkan meja.

4. Sediakan Tempat Sampah Mini di Dekat Meja

Sediakan Tempat Sampah Mini di Dekat Meja

Hal ini dianggap sepele. Padahal, adanya tempat sampat mini yang diletakkan di sudut atau dekat meja kerja dapat mengurangi sampah-sampah baik berupa kertas, plastik, hingga sampah-sampah yang berceceran di meja atau ruang kantor. Selain itu, disediakannya tempat sampah mini ini ternyata dapat memperindah dan mempermudah dalam hal pekerjaan.

5. Menata Kabel-Kabel Di Sekitar Meja

Menata Kabel-Kabel Di Sekitar Meja

Kenyamanan tergantung pada anda sendiri. Untuk mendapatkannya, pastikan kabel-kabel di sekitar benar-benar enak dipandang dan rapih. Jika tidak ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin semangat anda dalam bekerja semakin berkurang. Untuk itu, semuanya harus tertata sedemikian rupa, entah itu kabel komputer, charger, kabel data, printer, mesin fax, dan lain-lain, gunakan tali atau pengikat dan kelompokkan jadi satu unit.

6. Ciptakan Meja Kantor Seunik Mungkin

Ciptakan Meja Kantor Seunik Mungkin

Kenyamanan bekerja salah satunya barasal dari keunikan pada ruangan. Oleh karena itu, ciptakanlah keunikan tersebut dengan menempelkan stiker unik dan menarik di meja kerja atau sekitar meja anda. Semua model meja bisa diciptakan dengan ini, baik itu model meja kantor minimalis maupun meja kantor pada umumnya. Tapi, perlu diingat lagi. Tanyakan atasan apakah boleh mempercantik meja atau tidak.

7. Sediakan Sticky Note

Sediakan Sticky Note

Hal menyebalkan saat bekerja adalah lupanya pekerjaan apa yang akan dilakukan. Oleh karenanya, bagi anda yang sering lupa, maka sticky note bisa dijadikan pengingat untuk anda. Kertas warna-warni ini bisa anda tulis jobdesk,deadline pekerjaan, atau tulisan-tulisan penyemangat. Agar tidak berantakan, tempelkan di sekitar meja anda. Namun, agar tidak terlihat berantakan, pintar-pintarlah dalam menatanya dan merapihkannya.

8. Sediakan Tempat Khusus Smartphone Yang Jauh Dari Meja

Sediakan Tempat Khusus Smartphone Yang Jauh Dari Meja

Kenyamanan dan fokus saat bekerja kerap terganggu karena smartphone terlalu sering digeletakan di meja kerja. Untuk menghindari hal ini, perlu anda menyediakan tempat khusus untuk telepon genggam tersebut. Dengan begini, aktivitas pekerjaan akan berjalan dengan lancar.