Meja kantor sebagai suatu benda yang termasuk dalam kelompok furnitur penunjang aktivitas kerja suatu perusahaan harus dirawat dengan cara yang tepat. Orang – orang yang ditugasi menjaga kebersihan kantor wajib mengetahui beberapa cara membersihkan meja agar bisa menyesuaikan dengan material perabot itu sendiri.

Dengan cara pembersihan yang tepat sesuai bahan dasar meja, maka tindakan  untuk merawat ini tidak akan menimbulkan efek samping seperti mengakibatkan lecet – lecet, lapisan permukaan mengelupas, dan sebagainya. Namun sebetulnya langkah perawatan tidak hanya menjadi tanggung jawab bagian cleaning service saja melainkan segenap karyawan pun perlu ikut ambil bagian mengingat perabot ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.  Jadi masing – masing pekerja sebaiknya mengerti bagaimana memperlakukan meja pada kantor.

 

Tips Menjaga Meja Kantor Supaya Tahan Lama

Keberadaan meja kerja yang bersih serta tidak mengalami kerusakan sedikitpun memberikan dampak yang sangat positif. Hal ini terutama bagi produktivitas perusahaan. Biar bagaimanapun jika para pekerja mendapati meja dimana dia mengerjakan tugas – tugasnya nyaman untuk digunakan maka mereka bisa bekerja dengan kinerja terbaik.

Dari situ bisa kita katakan, ada peran meja kantor yang bersih maka performa para karyawan juga kian meningkat. Makanya merawat kondisi meja secara optimal tak ubahnya suatu bagian dari upaya peningkatan mutu kerja bagi suatu perusahaan. Bila anda merupakan pihak pengelola sarana kantor cobalah ikuti bagaimana menjaga meja kantor agar selalu dalam konsisi terbaik berikut ini.

  1. Jauhkan meja dari paparan sinar matahari.

Walaupun pada dasarnya sebuah kantor berada di dalam gedung yang tertutup, tetapi hal itu sama sekali tak menutup kemungkinan masuknya sinar matahari. Jelas telah kita ketahui bahwa suatu bangunan memiliki beberapa lubang ventilasi, jendela dan pintu. Melalui bagian – bagian gedung tersebut, bila dalam keadaan terbuka sinar matahari dapat menerobos dan mengenai beberapa benda termasuk meja.

Mungkin keadaan ini tampak sepele sebab sinar matahari adalah sesuatu yang lumrah. Namun demikian bila ada meja kantor yang diletakan pada area – area di dekat jendela dan secara kontinyu terpapar sinar matahari langsung maka lama kelamaan kondisinya akan menurun. Efek utama yang ditimbulkan adalah pudarnya warna dari perabot tersebut.

Tak hanya itu, dempul yang diberikan pada pembuatan meja sebagai lapisan tambahan guna menjadikan permukaannya rata akan cenderung lebih mudah mengelupas. Akhirnya setelah ada bagian dempul yang terlepas, permukaan meja pun menjadi tidak rata dan sangat tidak nyaman untuk bekerja terutama pada pekerjaan tulis menulis di media kertas. Jadi, sebaiknya peletakan meja lebih diperhatikan lagi.

 

  1. Jangan sampai ada orang yang duduk di meja.

Jangan sampai ada orang yang duduk di meja

Kita tentu sering menjumpai ada saja orang yang seenaknya duduk di atas meja. Terlepas dari kekuatan meja yang mampu menyangga beban berat, perabot ini tetap memliki ambang batas. Penting untuk kita sadari sebelum ada orang yang duduk di atasnya pun meja telah diberi cukup banyak beban. Mulai dari seperangkat komputer, printer, rak dokumen, buku – buku, dan sebaginya adalah benda – benda dengan beban tertentu yang hampir selalu diletakan pada meja.

Bisa kita bayangkan saat kondisi meja sudah sedemikian terbebani, lalu ada seseorang yang datang dan duduk. Otomatis “penderitaan” si meja pun kian bertambah. Hal terparah sebagai akibat dari kesemberonoan orang tersebut adalah ambruknya meja akibat kaki – kakinya tidak sanggup menahan beban berlebih.

Ini tentu secara langsung menjadi kerugian bagi pihak perusahaan karena mereka harus membeli yang baru. Jika pun meja tersebut dapat diperbaiki, kualitas serta kekuatannya tidak akan seperti sediakala. Dari segi kenyamanan penggunaan juga pasti menurun sehingga kinerja dari karyawan yang menggunakannya ikut menurun.

 

  1. Memindahkan meja dengan cara diangkat.

Ketika sebuah meja akan dipindahkan maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengangkat perabot tersebut. Hindari memindahkannya dengan cara didorong  atau didorong. Selain bisa merusak struktur meja, cara ini pun akan merusak permukaan lantai.

Ketika kita mendorong meja maka sambungan komponen – kompenen yang disatukan menggunkan paku atau baut dapat terganggu. Boleh jadi bagian tersebut menjadi renggang sehingga tidak lagi mampu berdiri tegak. Bahkan pada beberapa kasus ada pelanggan MejaKursiKantor.co.id yang mengaku harus membeli meja baru karena meja lama rusak akibat didorong secara paksa ketika dipindahkan.

 

  1. Cara aman bersihkan kotoran dan noda di meja.

Adanya noda atau kotoran di pemukaan meja kantor tentu adalah hal biasa. Penggunaan sehari – hari dimana para karyawan mengerjakan tugasnya berpotensi menghasilkan kotoran. Entah itu serpihan kertas ataupun noda dari minuman yang tercecer perlu untuk dibersihkan.

Di atas telah kami sebutkan bahwa furnitur ini bisa dibuat dari beberapa material yang berbeda. Adapun material tersebut antara lain adalah kayu, besi, laminasi, dan lain – lain. Lalu supaya permukaannya rata bahan tambahan seperti papan, dempul, kaca, dan sebagainya dimanfaatkan. Dari berbagai material yang ada tersebut memang akan ada cara tersendiri untuk membersihkan. Namun cara paling aman untuk membersihkan meja adalah dengan memakai kain lembut yang sedikit dibasahi. Lap yang dibuat lembab tersebut secara mudah bisa mengangkat noda.

 

Temukan Meja Kantor Berkualitas dan Awet

Setelah anda mengetahui bagaimana cara menjaga meja supaya tetap terjaga kondisi terbaiknya, maka anda dapat menghebat pengeluaran kantor. Namun jika anda sudah terlanjur salah dalam memperlakukan perabot ini sehingga mengalami kerusakan  dan anda sekarang sedang membutuhkan meja baru, silahkan lihat disini untuk menemukan produk terbaik kami yang pas untuk anda.