Kantor adalah tempat perusahaan yang memutarkan roda bisnisnya melalui tenaga – tenaga karyawan yang bekerja di dalamnya. Demi kelancaran aktivitas tersebut tentu pihak peruhaan pun melengkapi kantornya dengan furniture – furniture yang dibutuhkan. Dalam hal ini meja dan kursi kantor menjadi perabot utama yang wajib ada. Di berbagai tempat meja kursi memang memang menjadi furniture utama. Namun untuk kebutuhan kantor tidak boleh sembarangan. Keberadaan kedua furniture ini bisa mewakili gambaran sebuah kantor.

Pada suatu kantor meja terklasifikasikan dalam beberapa jenis berdasarkan fungsinnya. Diantaranya adalah meja staf. Jenis meja kantor yang satu ini sangat umum dimiliki setiap perusahaan. Fungsi utamanya adalah furniture yang dipakai para staff khususnya bagian administrasi dan tata usaha. Ukuran dari tipe meja tersebut umumnya relatif kecil atau sesuai dengan ukuran satu orang dalam bekerja.

Kemudian ada juga yang disebut dengan meja recepsionis atau yang juga biasa dinamakan meja penerima tamu. Sesuai namanya furniture ini dimanfaatkan untuk menerima tamu sehingga penempatannya berada di dekat pintu masuk kantor. Fungsinya tidak semata – mata untuk menerima tamu saja tapi juga menjadi tempat pusat informasi sebab karyawan yang bekerja menunggu di meja ini adalah seorang resepsionis.

Contoh lainnya dari jenis meja yang ada di kantor adalah meja rapat. Tidak seperti meja resepsionis yang ditempatkan dimuka meja rapat cenderung diletakan pada ruangan khusus yang tertutup. Meja ini ukurannya relatif besar atau terdiri dari meja partisi yang disatukan. Dengan demikian bisa digunakan oleh para peserta rapat.

Di sisi lain kursi kantor yang menjadi pelengkap meja juga memiliki jenisnya sendiri. Namun disini cukup kita bedakan menjadi dua jenis yaitu kursi pimpinan dan kursi karyawan. Fungsi kursi adalah sebagai tempat duduk. Dalam hal ini karena kedua jenis kursi tadi dibedakan karena pimpinan membutuhkan furniture yang bisa memberikan kesan berwibawa di ruangannya. Alasan tersebutlah yang melatarbelakangi sebuah kantor menyediakan kursi lebih istimewa untuk atasan. Secara umum karena dipakai pada saat bekerja maka dipilihlah kursi yang bisa memberi kenyamanan. Untuk itu perusahaan selalu memilih kursi yang memiliki sandaran dan bisa diatur tingginya.

Baik meja kantor serta kursi sebagai pelengkapnya perlu mendapat perhatian lebih dari perusahaan yang akan melakukan pengadaan. Seperti yang kami singgung bahwa furniture tersebut juga menjadi gambaran dari perusahaan yang memilikinya. Pihak pengelola kantor seyogyanya jeli dalam memilih produk yang tepat untuk mengisi kantornya. Di pasaran ada banyak pilihan model meja kursi. Untuk keperluan kantor sebaiknya pilih model yang terkesan formal. Model semacam itu bisa memberikan nilai profesionalitas di mata tamu yang datang berkunjung ke kantor. Numun wajib dipastikan juga bahwa furniture yang dipilih bisa berperan secara efektif dalam menunjang aktivitas kerja sehari – hari.